Taṭwīr al-kitāb ad-dirāsī "Bahasa Arab" lil-marḥalah ats-tsānawiyyah bi-waraqah al-‘amal (LKPD) ‘alā uslūb Discovery Learning li-tarqiyah mahārah al-qirā’ah bi-Ma‘had Bāb al-Maghfirah Aceh Besar

Hafiza Rahmayani, 231004025 (2025) Taṭwīr al-kitāb ad-dirāsī "Bahasa Arab" lil-marḥalah ats-tsānawiyyah bi-waraqah al-‘amal (LKPD) ‘alā uslūb Discovery Learning li-tarqiyah mahārah al-qirā’ah bi-Ma‘had Bāb al-Maghfirah Aceh Besar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengembangan pembelajaran] Text (Membahas tentang Pengembangan pembelajaran)
TESIS HAFIZA RAHMAYANI (231004025) B5-CD-1-30_watermark.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Membahas tentang Pengembangan pembelajaran] Text (Membahas tentang Pengembangan pembelajaran)
TESIS HAFIZA RAHMAYANI (231004025) B5-CD_watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan adalah siswa belum menguasai pemahaman bacaan, dan buku teks hanya terdapat latihan terbatas, berupa pertanyaan-pertanyaan monoton dan kurang menarik, buku teks yang digunakan masih terbatas dalam memberikan latihan yang bervariasi, hanya terdiri dari pertanyaan-pertanyaan monoton dan kurang unsur yang menarik. Metode pengajaran yang digunakan juga masih bersifat tradisional dan berpusat pada guru, sehingga membatasi partisipasi dan interaksi siswa. Selain itu, bahan ajar yang digunakan belum mampu merangsang berpikir kritis maupun mendorong eksplorasi mandiri. Di samping itu, terdapat kekurangan alat bantu pembelajaran yang mendukung aktivitas membaca yang interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui cara mengembangkan buku teks “Bahasa Arab” yang dilengkapi dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Discovery Learning; (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan buku teks “Bahasa Arab” yang dikembangkan bersama LKPD berbasis Discovery Learning; dan (3) untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap buku teks “Bahasa Arab” beserta LKPD yang dikembangkan dengan menggunakan model Discovery Learning di Institut Babul Maghfirah, Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Sugiyono yang terdiri atas sepuluh tahapan yang sistematis. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 orang peserta didik kelas X-A. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: Validasi ahli menunjukkan skor sebesar 97% dari ahli pertama, 92% dari ahli kedua, dan 96% dari ahli ketiga. Seluruh hasil tersebut menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik. Rata-rata nilai kumulatif dari ketiga penilaian tersebut adalah 95%, yang mengindikasikan bahwa produk akhir memiliki kualitas yang tinggi dan validitas yang sangat baik. Berkaitan dengan efektivitas LKPD yang dikembangkan menggunakan model Discovery Learning, hasil uji-t yang dihitung menggunakan program SPSS menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai ini lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, yang berarti bahwa LKPD yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Adapun respon siswa terhadap buku teks "Bahasa Arab" dengan lembar kerja ((LKPD) yang dikembangkan dengan menggunakan metode Discovery Learning, memperoleh nilai sangat baik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hafiza Rahmayani
Date Deposited: 26 Aug 2025 03:23
Last Modified: 26 Aug 2025 03:23
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48533

Actions (login required)

View Item
View Item