Penerapan Metode Total Physical Response Dalam Pengajaran Keterampilan Mendengarkan Di Ma’had Babul Maghfirah Di Aceh Besar

Sella Ovfita Yanti, 210202208 (2025) Penerapan Metode Total Physical Response Dalam Pengajaran Keterampilan Mendengarkan Di Ma’had Babul Maghfirah Di Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Total Physical Response Dalam Pengajaran Keterampilan Mendengarkan Di Ma’had Babul Maghfirah Di Aceh Besar] Text (Penerapan Metode Total Physical Response Dalam Pengajaran Keterampilan Mendengarkan Di Ma’had Babul Maghfirah Di Aceh Besar)
Real Skripsi Sella Revisi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Penerapan Metode Total Physical Response Dalam Pengajaran Keterampilan Mendengarkan Di Ma’had Babul Maghfirah Di Aceh Besar] Text (Penerapan Metode Total Physical Response Dalam Pengajaran Keterampilan Mendengarkan Di Ma’had Babul Maghfirah Di Aceh Besar)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan yang dihadapi oleh siswi kelas II (B) di Dayah Babul Maghfirah, Aceh Besar, dalam mempelajari bahasa Arab. Mereka tidak memahami apa yang mereka dengar dan tidak mengerti apa yang ditulis oleh guru di papan tulis. Kelemahan ini disebabkan oleh kurangnya pengembangan keterampilan mendengarkan pada siswi, sehingga mereka tidak menerima model bahasa yang benar. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode tata bahasa dan terjemahan dalam pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Total Physical Response dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan pada siswi Dayah Babul Maghfirah, Aceh Besar, serta untuk mempelajari respons siswi ketika metode ini diterapkan dalam pengajaran bahasa Arab. Peneliti menggunakan metode eksperimental, dan populasi penelitian adalah semua siswi kelas II di Dayah tersebut. Peneliti memilih kelas II (B) sebagai sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah 20 siswi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Total Physical Response efektif dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan pada siswi, dengan tingkat signifikansi statistik 0,00. Respons siswi juga positif sebesar 98.5% ketika metode ini digunakan dalam pengajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sella Ovfita Yanti
Date Deposited: 26 Aug 2025 01:49
Last Modified: 26 Aug 2025 01:49
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48602

Actions (login required)

View Item
View Item