210206111, M. Ramadana (2025) Manajemen Kelas Berbasis Karakter Islami Siswa Di MAS Darul Ulum Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
SKRIPSI M. Ramadana bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (867kB)
SKRIPSI M. Ramadana full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Manajemen kelas berbasis karakter islami siswa merupakan suatu pendekatan dalam pengelolaan kelas yang mengintegrasikan nilai-nilai ajaran Islam ke dalam seluruh aspek pembelajaran, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar di dalam kelas yang tidak hanya efektif dalam pencapaian akademik, tetapi juga mampu membentuk kepribadian siswa di MAS Darul Ulum Banda Aceh yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-qur’an dan Hadis. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh meningkatnya permasalahan moral di kalangan pelajar serta lemahnya integrasi nilai-nilai karakter keislaman dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara guru dalam pengelolaan kelas mengintegrasikan nilai-nilai karakter islami seperti disiplin, tanggung jawab, kejujuran, dan ukhuwah islamiyah. Meskipun demikian, ditemukan beberapa kendala dalam penerapan manajemen kelas berbasis karakter islami, antara lain keterbatasan waktu, beban administrasi guru, serta inkonsistensi dalam pembiasaan nilai-nilai karakter. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan penguatan peran kepala madrasah, pelatihan berkelanjutan bagi guru, dan pelibatan aktif orang tua dalam proses pembentukan karakter siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | M. Ramadana |
| Date Deposited: | 26 Aug 2025 08:07 |
| Last Modified: | 26 Aug 2025 08:07 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48624 |
