Keputusan Pembelian Barang Online Ditinjau Berdasarkan Usia Pada Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Provinsi Aceh

Annisa Farah Fadhilah, 190901013 (2025) Keputusan Pembelian Barang Online Ditinjau Berdasarkan Usia Pada Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Provinsi Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keputusan Pembelian, Belanja Online, Usia] Text (Keputusan Pembelian, Belanja Online, Usia)
Annisa Farah Fadhilah, 190901013, FPSI, PSI, 082123041459.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Keputusan Pembelian, Belanja Online, Usia] Text (Keputusan Pembelian, Belanja Online, Usia)
Annisa Farah Fadhilah, 190901013, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Akhir-akhir ini fenomena meningkatnya pengguna internet untuk berbelanja , yang tampakanya mempengaruhi pola perilaku konsumen lintas usia. Usia di yakini menjadi salah satu yang dapat mempengaruhi cara individu dalam pengambilan keputusan pembelian secara online. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan Keputusan Pembelian Barang Ditinjau Berdasarkan Usia Pada Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 100 pegawai Dinas PUPR Provinsi Aceh yang di pilih melalui teknik purposive sampling dengan kategori usia dewasa awal (20-40 tahun), dewasa madya (41-60 tahun) dan dewasa akhir (>60 tahun ke atas). Alat ukur yang digunakan adalah skala keputusan pembelian menurut Kotler dan Keller. Hasil analisis data di uji menggunakan uji t-test (Independent Sample T-test) dnegan bantuan program SPSS versi 25.0 for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikan (p) sebesar 0,133 (p > 0,05) yang berarti tidak terdapat perbedaan signifikan dalam keputusan pembelian barang online berdasarkan usia. Temuan ini mengindikasikan bahwa usia tidak menjadi factor penentu utama dalam perilaku keputusan pembelian online pada populasi yang diteliti. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis dalam bidang psikologi konsumen, serta manfaat praktis bagi instansi pemerintah dan pelaku bisnis online dalam menyususn strategi pemasaran yang disesuaikan dengan usia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Annisa Farah Fadhilah
Date Deposited: 26 Aug 2025 02:52
Last Modified: 26 Aug 2025 02:52
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48648

Actions (login required)

View Item
View Item