Pembelajaran Sharaf dengan metode Al-Qiyasiyah dan media presentasi interaktif (studi eksperimental di Ma’had Raudhatul Qur’an Tungkop)

Ramadhan Al-Mudhaffar, 210202209 (2025) Pembelajaran Sharaf dengan metode Al-Qiyasiyah dan media presentasi interaktif (studi eksperimental di Ma’had Raudhatul Qur’an Tungkop). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembelajaran Sharaf] Text (Pembelajaran Sharaf)
تدريس الصرف watermark logo uin cover-bab1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of Pembelajaran Sharaf] Text (Pembelajaran Sharaf)
تدريس الصرف watermark logo uin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti bahwa siswa kelas satu di Ma’had Raudhatul Qur’an, beberapa dari mereka mengalami kesulitan dalam memahami Sharaf secara lengkap dan yang lainnya bingung dalam menjelaskannya karena proses pengajaran Sharaf di Ma’had Raudhatul Qur’an kurang menarik dan efektif tanpa menggunakan metode dan media yang tepat, sehingga para siswa merasa bosan dan kehilangan semangat belajar dan tidak memperhatikan penjelasan guru. Peneliti ingin mengatasi masalah ini melalui penggunaan metode Al-Qiyasiyah dan media presentasi interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektivitas Pembelajaran Sharaf menggunakan metode penggunaan metode Al-Qiyasiyah dan media presentasi interaktif di Ma’had Raudhatul Qur’an, dan untuk mengidentifikasi respon siswa terhadap penggunaan penggunaan metode Al-Qiyasiyah dan media presentasi interaktif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan One Group Pre-Test Post Test Design. Data lapangan dikumpulkan dengan Pre-Test, Post-Test dan kuesioner untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami Sharaf. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa Pembelajaran Sharaf dengan menggunakan penggunaan metode Al-Qiyasiyah dan media presentasi interaktif di Ma’had Raudhatul Qur’an efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam Pembelajaran Sharaf yang ditunjukkan oleh hasil Paired Test Sample pada tingkat signifikansi 0,01 (-2.sig tailed) yang lebih kecil dari tingkat signifikansi (0,05) dan hal ini menyebabkan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Respon siswa terhadap penggunaan metode dan media ini adalah positif, terlihat dari hasil respon positif sebesar 100% dan respon negatif sebesar 0%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ramadhan Al-Mudhaffar
Date Deposited: 26 Aug 2025 03:45
Last Modified: 26 Aug 2025 03:45
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48654

Actions (login required)

View Item
View Item