Efektivitas Penggunaan E-Book untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Usia 4-5 Tahun di TK Cut Meutia Banda Aceh

Aida Fitri, 210210071 (2025) Efektivitas Penggunaan E-Book untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Usia 4-5 Tahun di TK Cut Meutia Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan E-Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Cut Meutia Banda Aceh] Text (Efektivitas Penggunaan E-Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Cut Meutia Banda Aceh)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[thumbnail of Efektivitas Penggunaan E-Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Cut Meutia Banda Aceh] Text (Efektivitas Penggunaan E-Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Cut Meutia Banda Aceh)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Literasi mencakup kemampuan berbahasa yang dapat dikembangkan melalui media pembelajaran. E-book sebagai media digital memudahkan akses informasi dan meningkatkan minat belajar siswa melalui fitur interaktif.. Dari hasil observasi yang dilakukan di TK Cut Meutia Banda Aceh ditemukan permasalahan pada literasi anak yaitu seperti ketidakmampuan anak dalam mengenali symbol huruf, ketidak mampuan menghubungkan kosa-kata yang benar, ketidakmampuan merangkai kata dengan benar, kesulitan dalam mengucapkan suku kata dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Efektivitas Penggunaan E-Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Usia 4-5 Tahun di TK Cut Meutia Banda Aceh. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre eksperimental. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one grup pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling yaitu setiap individu dalam populasi memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih secara rendom. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas A2 yang berjumlah 21 anak. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji normalitas, uji-t dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan e-book untuk kemampuan literasi anak usia 4-5 tahun di TK Cut Meutia Banda Aceh, yaitu dapat dilihat pada nilai rata-rata pretest adalah 1.5 dan nilai rata-rata posttest adalah 3.5. Uji hipotesis juga menunjukkan bahwa nilai thitung (45.04) > ttabel (1.724) dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-book efektif untuk mengembangkan kemampuan literasi anak usia 4-5 tahun di TK Cut Meutia Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.2 Pendidikan Dasar tingkat Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aida Fitri
Date Deposited: 26 Aug 2025 03:13
Last Modified: 26 Aug 2025 03:13
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48656

Actions (login required)

View Item
View Item