Pengembangan Kitab Al-Kawakib Ad-Durriyyah Menggunakan Media E-Booklet Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Isim Mamnu‘ Minash-Sharf (Penelitian dan Pengembangan di Ma’had Raudhatul Qur’an, Tungkop, Darussalam, Aceh Besar)

M. Thariq Al -Ausad, 210202137 (2025) Pengembangan Kitab Al-Kawakib Ad-Durriyyah Menggunakan Media E-Booklet Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Isim Mamnu‘ Minash-Sharf (Penelitian dan Pengembangan di Ma’had Raudhatul Qur’an, Tungkop, Darussalam, Aceh Besar). Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR- RANIRY BANDA ACEH.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET PADA PEMBELAJARAN NAHWU] Text (PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET PADA PEMBELAJARAN NAHWU)
BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET PADA PEMBELAJARAN NAHWU] Text (PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET PADA PEMBELAJARAN NAHWU)
M.THARIQ AL-AUSAD, 210202137 (2025) FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran isim ghairu munsarif di Ma’had Raudhatul Qur’an, Tungkop, Aceh Besar, masih menghadapi kendala karena media pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan sulit dipahami siswa. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-booklet berbasis kitab Al-Kawakib Ad-Durriyyah guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap isim ghairu munsarif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest dengan subjek 15 siswa kelas 2.2 yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-booklet yang dikembangkan memperoleh penilaian sangat layak dari para ahli dengan skor 91,6% pada aspek isi, 100% pada aspek bahasa, dan 95,8% pada aspek desain. Hasil uji coba menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 42 dan rata-rata nilai posttest sebesar 82. Uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penggunaan e-booklet. “Hasil angket menunjukkan bahwa tingkat kepuasan siswa terhadap media mencapai 94,3% dengan kategori ‘Sangat Sangat Baik’, yang menunjukkan kualitas e-booklet tersebut dan kesesuaiannya sebagai media pembelajaran untuk isim ghairu munsarif.”

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: M. Thariq Al-Ausad
Date Deposited: 26 Aug 2025 03:39
Last Modified: 26 Aug 2025 03:39
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48663

Actions (login required)

View Item
View Item