Perbandingan antara Aplikasi LinGo Play dan BASA dalam pembelajaran imla’

Khalil Barasyi, 210202004 (2025) Perbandingan antara Aplikasi LinGo Play dan BASA dalam pembelajaran imla’. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perbandingan Aplikasi Lingo Play dan BASA] Text (Perbandingan Aplikasi Lingo Play dan BASA)
Khalil Barasyi, PBA, Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Perbandingan Aplikasi Lingo Play dan BASA] Text (Perbandingan Aplikasi Lingo Play dan BASA)
Khalil Barasyi, PBA, Cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektifitas penggunaan aplikasi LinGo Play dan BASA dalam pembelajaran imla’ (dikte) kepada siswa di dayah Abu Lueng Ie. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan pelaksanaan pre-test dan post-test pada dua kelompok: satu kelompok menggunakan aplikasi LinGo Play dan kelompok lainnya menggunakan aplikasi BASA. Data dikumpulkan melalui angket dan tes hasil belajar, lalu dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS v.24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua aplikasi memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam imla’, namun aplikasi LinGo Play menunjukkan efektivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi BASA, dengan presentasi mencapai 83,5% pada kelompok eksperimen. Hasil tersebut menunjukkan bahwa integrasi aplikasi interaktif seperti LinGo Play dan BASA dalam pembelajaran bahasa Arab dapat berkontribusi besar dalam meningkatkan imla’ peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
400 Languages (Bahasa)
Depositing User: Khalil Barasyi
Date Deposited: 26 Aug 2025 03:09
Last Modified: 26 Aug 2025 03:09
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48666

Actions (login required)

View Item
View Item