Pengelolaan Media Pembelajaran Dalam Peningkatan Minat Belajar di SD Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh

Annysha Zulfia, 210206106 (2025) Pengelolaan Media Pembelajaran Dalam Peningkatan Minat Belajar di SD Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Media, Media Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Minat Belajar Siswa] Text (Pengelolaan Media, Media Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Minat Belajar Siswa)
Annysha Zulfia, 210206106, FTK, MPI, 082316733442.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Pengelolaan Media, Media Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Minat Belajar Siswa] Text (Pengelolaan Media, Media Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Minat Belajar Siswa)
Annysha Zulfia, 210206106, FTK, MPI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang sangat penting dalam menunjang proses belajar mengajar, khususnya di era digital saat ini yang menuntut pendekatan yang lebih interaktif, kreatif, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan media pembelajaran diterapkan dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa di SD Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan utama meliputi kepala sekolah, koordinator iPad Project, serta koordinator sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan media pembelajaran dilakukan secara terstruktur dan sistematis melalui kerja sama yang solid antara berbagai pihak terkait, khususnya koordinator iPad Project dan koordinator sarpras. Tahapan pengelolaan dimulai dari perencanaan media yang mempertimbangkan kesesuaian dengan kurikulum, karakteristik peserta didik, serta kesiapan perangkat teknologi. Pada tahap pelaksanaan, guru memanfaatkan berbagai perangkat modern seperti iPad, Apple TV, serta beragam aplikasi pembelajaran interaktif untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, visual, dan bermakna. Evaluasi dilakukan secara berkala melalui pemantauan aktivitas siswa, analisis hasil karya digital, serta pengamatan terhadap peningkatan keaktifan dan partisipasi siswa di kelas. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan inovatif terbukti mampu menumbuhkan antusiasme siswa, memperkuat motivasi belajar, dan meningkatkan keterlibatan aktif mereka dalam proses pembelajaran. Strategi pengelolaan media yang dilakukan secara terarah, kolaboratif, dan inovatif di SD Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh telah berhasil menciptakan lingkungan belajar berbasis teknologi yang efektif. Hal ini secara signifikan mendorong peningkatan minat belajar siswa dan menunjukkan bahwa pengelolaan media yang baik memainkan peran penting dalam keberhasilan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Annysha Zulfia
Date Deposited: 27 Aug 2025 02:22
Last Modified: 27 Aug 2025 02:22
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48734

Actions (login required)

View Item
View Item