Ainun Mardhiah Damanik, 210202006 (2025) Metode Index Card Match dengan Media Topi Bergambar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunkan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas di SD Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
ALHAMDULILLAH Skripsi ainun.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
ALHAMDULILLAH Skripsi ainun - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah guru mengajar menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media sehingga membuat siswa tidak memiliki minat dalam belajar Bahasa arab, hal tersebut membuat mereka lalai dan tidak aktif saat pembelajaran berlangsung. Situasi ini terekam oleh peneliti saat observasi pada tanggal 29 februari 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode index card match dengan media topi bergambar dan upaya peneliti meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan penelitian tindakan kelas. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan pre-tes dan post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah 1 Banda Aceh, sample. Sample untuk penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5A sebanyak 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode index card match dengan media topi bergambar dan upaya peneliti meningkatkan minat belajar siswa di SD Muhammadiyah 1 Banda Aceh yang ditunjukkan dengan hasil uji Pre-Test 67,2%, dan meningkat dengan hasil uji Post-Test 92,8%.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Ainun Mardhiah Damanik |
| Date Deposited: | 09 Sep 2025 04:37 |
| Last Modified: | 09 Sep 2025 04:37 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49052 |
