Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mempelajari Kosakata Bahasa Arab (Studi Eksperimen Di MIN 20 Aceh Besar)

Muhammad Rizki, 210202155 (2025) Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mempelajari Kosakata Bahasa Arab (Studi Eksperimen Di MIN 20 Aceh Besar). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mempelajari Kosakata Bahasa Arab (Studi Eksperimen Di MIN 20 Aceh Besar)] Text (Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mempelajari Kosakata Bahasa Arab (Studi Eksperimen Di MIN 20 Aceh Besar))
رسالة محمد رزقي.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mempelajari Kosakata Bahasa Arab (Studi Eksperimen Di MIN 20 Aceh Besar)] Text (Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mempelajari Kosakata Bahasa Arab (Studi Eksperimen Di MIN 20 Aceh Besar))
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan metode pembelajaran penemuan (discovery learning) untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosakata bahasa Arab di MIN 20 Aceh Besar. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen sejati yang diterapkan pada sampel siswa kelas lima. Untuk mengumpulkan data, peneliti memanfaatkan dua instrumen, yakni tes dan angket, guna mengukur efektivitas metode yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa pada tes awal mencapai 59,6 dengan kategori baik, sedangkan nilai pada tes akhir meningkat menjadi 85,6 dengan kategori sangat baik. Selain itu, hasil angket memperlihatkan bahwa persentase jawaban positif dari para siswa mencapai 83%, sedangkan jawaban negatif tidak melebihi 16%. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran penemuan efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa menguasai kosakata bahasa Arab, sehingga direkomendasikan untuk diterapkan di MIN 20 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Rizki
Date Deposited: 27 Aug 2025 02:34
Last Modified: 27 Aug 2025 02:34
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49198

Actions (login required)

View Item
View Item