Taṭwīr Ta'līm an-Naḥw Bi Ṭarīqah al-Qīn 'Alā Asās aṭ-Ṭarīqah alQiyāsiyyah Wa al-Madkhal an-Nasyāṭī Fī al Madrasah al-'Aliyah al-Islamiyah al-Hukumiyyah 1 Banda Aceh

Jihan Fahira, 231004003 (2025) Taṭwīr Ta'līm an-Naḥw Bi Ṭarīqah al-Qīn 'Alā Asās aṭ-Ṭarīqah alQiyāsiyyah Wa al-Madkhal an-Nasyāṭī Fī al Madrasah al-'Aliyah al-Islamiyah al-Hukumiyyah 1 Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pengembangan metode pembelajaran nahwu] Text (Membahas tentang pengembangan metode pembelajaran nahwu)
JIHAN TESIS UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[thumbnail of Membahas tentang pengembangan metode pembelajaran nahwu] Text (Membahas tentang pengembangan metode pembelajaran nahwu)
JIHAN TESIS UPLOAD BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti di kelas satu madrasah aliyah 1 Banda Aceh, siswa tidak dapat membedakan isim, fi’il, hurf dengan benar. Hal ini terjadi karena metode yang digunakan adalah metode qiyasiyah tidak lengkap, kemudian siswa merasa kebingung dalam memahami pembelajaran sehingga mereka berbicara dengan teman di kelas. Oleh karena itu, peneliti ingin mengembangkan metode pengajaran nahwu berdasarkan metode qiyasiyah dan pendekatan pembelajaran aktif untuk mengatasi masalah ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan pembelajaran nahwu dan untuk mengetahui keefektifan serta respon siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan model ADDIE. Alat penelitian yang digunakan adalah observasi, dokumen, kuesioner, dan tes. Populasi penelitian adalah 432 siswa di kelas lima di tingkat sekolah menengah atas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X ‘D’ yang berjumlah 30 siswa. Peneliti menggunakan lima langkah: Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, dan Evaluasi. Peneliti memperoleh hasil dari kuesioner para ahli mengenai pengajaran tata bahasa dalam metode Qin adalah sangat baik. Hasil penerapan pembelajaran nahwu dengan metode Qin efektif, yang ditunjukkan dengan hasil uji Wilcoxon dari program SPSS sebesar 0.000, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0.05. Respon siswa terhadap pembelajaran nahwu yang dikembangkan mendapatkan hasil 86% dengan kategori berhasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Jihan Fahira
Date Deposited: 28 Aug 2025 01:14
Last Modified: 28 Aug 2025 01:14
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49331

Actions (login required)

View Item
View Item