Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SD/MI

Khairun Nisa Aulia, 210209125 (2025) Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SD/MI. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Media Big Book, Keterampilan Membaca.] Text (Media Big Book, Keterampilan Membaca.)
Khairun Nisa Aulia, 210209125, FTK, PGMI, 081373532028.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Media Big Book, Keterampilan Membaca.] Text (Media Big Book, Keterampilan Membaca.)
Khairun Nisa Aulia, 210209125, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Hasil analisis kebutuhan di kelas II SD Negeri 57 Banda Aceh menunjukkan rendahnya keterampilan membaca siswa akibat terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Selama ini, media yang digunakan masih sebatas buku ejaan dan buku paket pegangan guru, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan kurang memicu semangat siswa. Dari 33 siswa, terdapat 2 siswa yang hanya mengenal huruf, 13 siswa sudah membaca lancar, dan 18 siswa mampu mengeja meskipun masih terbata-bata. Sesuai dengan karakteristik siswa kelas II, media big book menjadi solusi efektif karena memiliki ukuran besar, gambar berwarna, serta cerita singkat yang dapat dibaca bersama, sehingga mampu menarik perhatian dan meningkatkan keterampilan membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SD Negeri 57 Banda Aceh serta menganalisis respon guru terhadap media tersebut. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Media big book dikembangkan menggunakan aplikasi Canva dengan materi bertema “Sayangi Lingkungan”, sedangkan instrumen pengumpulan data berupa angket validasi dari ahli media, ahli materi, dan respon guru yang dianalisis menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media big book memperoleh nilai kelayakan sangat layak dari ahli media (96,25%), layak dari ahli materi (80%), serta respon guru sebesar 100% dengan kategori sangat layak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media big book layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran inovatif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar, dan penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan uji coba implementasi secara lebih luas serta mengintegrasikan kearifan lokal dan teknologi agar pembelajaran membaca menjadi lebih efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khairun Nisa Aulia
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:46
Last Modified: 24 Sep 2025 04:46
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49666

Actions (login required)

View Item
View Item