Pengembangan Video Pembelajaran Edukatif Berbasis TikTok Pada Materi Statistika

Nabilla Radliyah Putri. R, 210205035 (2025) Pengembangan Video Pembelajaran Edukatif Berbasis TikTok Pada Materi Statistika. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Pengembangan, Video Pembelajaran, TikTok, Statistika] Text (Pengembangan, Video Pembelajaran, TikTok, Statistika)
Nabilla Radliyah Putri. R, 210205035, FTK, PMA, 083190580501.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Pengembangan, Video Pembelajaran, TikTok, Statistika] Text (Pengembangan, Video Pembelajaran, TikTok, Statistika)
Nabilla Radliyah Putri. R, 210205035, FTK, PMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran inovatif berupa video edukatif. Dengan latar belakang penelitian adalah rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi Statistika yang selama inidisampaikan secara konvensional melalui buku dan penyampaian langsung, Pemanfaatan TikTok diharapkan mampu menyajikan pembelajaran yang interaktif, menarik, danmudah diakses, sehingga membantu siswa memahami konsep mean, median, dan modus secara lebih sederhana. Menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Tahap Define meliputi analisis kebutuhan guru dan siswa, analisis konsep, dan analisis tugas yang menunjukkan seluruh siswa setuju pembelajaran Statistika akan lebih mudah dengan video TikTok. Tahap Design meliputi penyusunan naskah, storyboard, dan pemilihan materi, animasi,serta audio. Tahap Develop mencakup validasi oleh ahli materi dan media, revisi, serta uji kepraktisan oleh guru dan siswa. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa video memperoleh skor “Sangat Valid” dari ahli materi dan media, serta “Sangat Baik” pada uji kepraktisan gurudan siswa. Video dinilai efektif dalam memvisualisasikan konsep, menarik perhatian, dan meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 519 Probabilitas dan Matematika terapan > 519.5 Matematika statistik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nabilla Radliyah Putri. R
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:31
Last Modified: 22 Sep 2025 04:31
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49836

Actions (login required)

View Item
View Item