M. Qohhar, 210202135 (2025) Penggunaan Media Scrapbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Dalam Keterampilan Menulis. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penggunaan Media Scrapbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Dalam Keterampilan Menulis]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi M.Qohhar Acc gacor....pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
![[thumbnail of Penggunaan Media Scrapbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Dalam Keterampilan Menulis]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menemukan bahwa terdapat masalah pada siswa, yaitu siswa mengalami kesulitan dalam mengekspresikan apa yang ada di dalam pikiran mereka dalam keterampilan menulis. Masalah ini muncul ketika guru meminta siswa untuk menjawab latihan menulis. Kesulitan ini terletak pada lemahnya penguasaan kosakata, ditambah dengan minimnya penggunaan media pembelajaran, yang berdampak pada semangat belajar siswa, membuat mereka merasa bosan dan lelah, serta menurunkan motivasi mereka dalam mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, siswa membutuhkan media pembelajaran baru dan lebih menarik untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan mereka dalam keterampilan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Scrapbook dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III A di MIN 5 Banda Aceh yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain "Pre-test dan Post-test pada satu kelompok" (One Group Pre-Test Post-Test Design). Data dikumpulkan menggunakan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Scrapbook memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa. Hasil analisis data menggunakan uji sampel berpasangan (Paired Sample Test) menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0.000, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0.05. Oleh karena itu, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Scrapbook efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | M. Qohhar |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 08:18 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 08:18 |
URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49980 |