Pembelajaran Jumlah Fi'liyah Dan Jumlah Ismiyah Dengan Menggunakan Peta Konsep Di Dayah Modern Darul ’Ulum

Rayyan Yunasz, 190202062 (2025) Pembelajaran Jumlah Fi'liyah Dan Jumlah Ismiyah Dengan Menggunakan Peta Konsep Di Dayah Modern Darul ’Ulum. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pembelajaran Jumlah Fi'liyah Dan Jumlah Ismiyah Dengan Menggunakan Peta Konsep Di Dayah Modern Darul ’Ulum] Text (Pembelajaran Jumlah Fi'liyah Dan Jumlah Ismiyah Dengan Menggunakan Peta Konsep Di Dayah Modern Darul ’Ulum)
Skripsi Rayyan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Pembelajaran Jumlah Fi'liyah Dan Jumlah Ismiyah Dengan Menggunakan Peta Konsep Di Dayah Modern Darul ’Ulum] Text (Pembelajaran Jumlah Fi'liyah Dan Jumlah Ismiyah Dengan Menggunakan Peta Konsep Di Dayah Modern Darul ’Ulum)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di Dayah Modern Darul ’Ulum, menunjukkan bahwa banyak siswa yang belum mampu membedakan antara jumlah fi'liyah dan jumlah ismiyah dan sebagian yang lain masih bingung ketika menjelaskannya disebabkan karena proses pembelajaran Bahasa Arab di Dayah Modern Darul
’Ulum yang dilakukan oleh guru masih berlangsung kurang menarik dan efektik tanpa menggunakan media pembelajaran yang sesuai sehingga siswa merasa bosan dan kurang bersemangat bahkan tidak memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan materi pelajaran. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian tentang penggunaan media peta konsep dalam pembelajaran jumlah fi'liyah dan jumlah ismiyah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi efektifitas penggunaan media peta konsep untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa tentang jumlah fi'liyah dan jumlah ismiyah. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Pre-Eksperimen dengan desain One Group PreTest- PostTest, dan untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan kuesioner dan tes. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5/1 yang berjumlah 26 siswa. Peneliti menggunakan nilai persentase dan nilai rata-rata untuk menganalisa daftar respon siswa dan menganalisa uji T demi memperoleh nilai efektifitas. Hasil uji T menunjukkan bahwa penggunaan media peta konsep memperoleh hasil efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa tentang jumlah fi'liyah dan jumlah ismiyah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rayyan Yunasz
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:36
Last Modified: 09 Sep 2025 07:36
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50007

Actions (login required)

View Item
View Item