Penggunaan Kahoot Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen di MTsN 3 Banda Aceh)

Mutia Ulfa, 190202087 (2025) Penggunaan Kahoot Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen di MTsN 3 Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Kahoot dalam pembelajaran bahasa Arab] Text (Penggunaan Kahoot dalam pembelajaran bahasa Arab)
Mutia Ulfa, 190202087, FTK, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Penggunaan Kahoot dalam pembelajaran bahasa Arab] Text (Penggunaan Kahoot dalam pembelajaran bahasa Arab)
Mutia Ulfa, 190202087, FTK, PBA, Cover-Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang di lakukan peneliti, siswa kelas VIII MTsN 3 Banda Aceh masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya pada keterampilan menyimak, serta menunjukkan rasa bosan akibat tebatasnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Kahoot dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One Group Pre-test Post-test. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengukur keterampilan menyimak dan angket untuk mengetahui tanggapan siswa. Analisis data dilakukan dengan uji Wilcoxon menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hasil ini membuktikan bahwa penggunaan Kahoot efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Selain itu, hasil angket menunjukkan respon siswa sangat positif, dengan mayoritas menyatakan bahwa Kahoot membuat pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan membantu memahami materi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mutia Ulfa
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:23
Last Modified: 22 Sep 2025 04:23
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50063

Actions (login required)

View Item
View Item