Strategi Majlis Ta’lim Ni’man Nisa’ Dalam Membina Karakter Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Zona Alwida Away, 200403025 (2025) Strategi Majlis Ta’lim Ni’man Nisa’ Dalam Membina Karakter Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Majlis ta’lim] Text (Membahas tentang Majlis ta’lim)
Zona Alwida Away, 200403025, FDK, MD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Membahas tentang Majlis ta’lim] Text (Membahas tentang Majlis ta’lim)
Zona Alwida Away, 200403025, FDK, MD, Cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (712kB)

Abstract

Karakter seorang muslimah ideal terbentuk dari nilai-nilai Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah, mencerminkan kepribadian yang utuh secara akhlak, spiritual, dan sosial. Mahasiswi UIN Ar-Raniry berasal dari berbagai latar belakang lingkungan yang berbeda, yang memengaruhi pembentukan karakter mereka sebagai seorang muslimah. Untuk membantu membentuk karakteristik muslimah yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, di UIN Ar-Raniry terdapat Majlis Ta’lim Wanita yaitu Majlis Ta’lim N i’man Nisa’ yang berfokus pada pengajaran ilmu-ilmu dasar agama. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui jenis strategi dakwah yang di gunakan Majlis Ta’lim Ni’man Nisa’ dalam membina karakter mahasiswi UIN Ar-raniry, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat keberhasilan Majlis Ta’lim Ni’man Nisa’ dalam membina karakter mahasiswi UIN Ar-raniry. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian pimpinan majlis, pengurus majlis, mahasiswi uin, dan alumni uin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Majlis Ta’lim N i’man Nisa’ menerapkan dua strategi utama dalam membentuk karakter muslimah pada mahasiswi. Pertama, strategi pengulangan kajian secara bersanad yang dilakukan hingga mahasiswi benar-benar memahami materi yang diajarkan, sehingga ilmu yang disampaikan memiliki keotentikan dan kedalaman pemahaman. Kedua, strategi pendekatan langsung melalui dosen-dosen yang juga terlibat aktif dalam Majelis Taklim, yang mengajak dan memotivasi mahasiswi secara personal untuk mengikuti kajian dan mendalami ilmu agama. (2) Faktor pendukung Majlis Ta’lim N i’man Nisa’ meliputi dukungan dosen dan pegawai, fasilitas dari Fakultas Tarbiyah, serta motivasi pribadi mahasiswi dan dukungan keluarga serta teman. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kesibukan koordinator pengajar tanpa pengganti dan penolakan dari pihak liberal yang menganggap materi kajian tidak sesuai. Tantangan ini perlu diatasi agar majelis dapat berjalan efektif dalam membentuk karakter muslimah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X5 Akhlak dan Tasawuf > 2X5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Zona Alwida Away
Date Deposited: 09 Sep 2025 08:11
Last Modified: 09 Sep 2025 08:11
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50273

Actions (login required)

View Item
View Item