Aura Hayaton Nufus, 210209102 (2025) Penerapan Model Make A Match berbantuan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV MIN 6 Pidie. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Skripsi Aura Hayaton Nufus (Repository).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (13MB)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS sehingga pembelajaran belum berjalan maksimal, hal ini menyebabkan kurangnya siswa yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu model pembelajaran Make A Match berbantuan Media Flash Card. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Make A Match berbantuan Media Flash Card. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga siklus dengan jumlah 23 siswa kelas IV MIN 6 Pidie. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai presentase 73,33% dengan kategori cukup, siklus II memperoleh nilai presentas 78,33% dengan kategori baik dan siklus III memperoleh nilai presentase 97,5% dengan kategori baik sekali. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai presentase 71,66% dengan kategori cukup, siklus II memperoleh nilai presentase77,5% dengan kategori baik dan siklus III memperoleh nilai presentase 96,6% dengan kategori baik sekali. Adapun hasil belajar siswa siswa siklus I memperoleh nilai presentase 60,8%, siklus II memperoleh nilai presentase 78,2% dan siklus III memperoleh nilai presentase 91,3%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Make A Match berbantuan Media Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 6 Pidie
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Aura Hayaton Nufus |
| Date Deposited: | 10 Sep 2025 04:06 |
| Last Modified: | 10 Sep 2025 04:06 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50534 |
