Teuku Muhammad Riski, 190202135 (2025) Penerapan Media Dabble Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Kosakata Di Mtsn 3 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
TEUKU MUHAMMAD RISKI,FTK,PBA,COVER-Bab1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
TEUKU MUHAMMAD RISKI,FTK,PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya penguasaan kosakata siswa dalam pembelajaran bahasa Arab yang berdampak pada kesulitan dalam memahami dan menguasainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penerapan media Dabble Game untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata pada siswa kelas I (D) di MTsN 3 Banda Aceh. Peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest–Posttest, melibatkan 28 siswa yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian terdiri dari tes penguasaan kosakata yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan, serta angket untuk mengukur respons siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan nilai rata-rata siswa dari 63,62 pada pretest menjadi 84,46 pada posttest. Uji Paired Samples T-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media dabble game untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosakata itu efektif. Selain itu, hasil angket menunjukkan 90,74% siswa merespon positif penggunaan media ini. Dengan demikian, Dabble Game dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang inovatif, menyenangkan, dan efektif dalam pembelajaran bahasa Arab
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Teuku muhammad Riski |
| Date Deposited: | 24 Sep 2025 04:23 |
| Last Modified: | 24 Sep 2025 04:23 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50604 |
