Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Quizizz Peper Mode Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SDN Aceh Besar

Cinta Rahmah, 210209072 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Quizizz Peper Mode Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SDN Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Quizizz Peper Mode Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SDN Aceh Besar] Text (Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Quizizz Peper Mode Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SDN Aceh Besar)
CINTA RAHMAH - 210209072.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)
[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Quizizz Peper Mode Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SDN Aceh Besar] Text (Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Quizizz Peper Mode Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SDN Aceh Besar)
CINTA RAHMAH - 210209072 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiriberbantuan Quizizz Paper Mode terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V diSDN Lamreung Aceh Besar. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk PenelitianTindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing siklusmeliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumenyang digunakan dalam penelitian meliputi lembar observasi aktivitas guru dansiswa selama proses pembelajaran, serta soal post-test berbentuk pilihan gandamelalui platform Quizizz Paper Mode. Data yang diperoleh dianalisis untukmengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan QuizizzPaper Mode mampu meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru serta hasil belajarsiswa. Pada siklus I, persentase aktivitas guru mencapai sebesar 72,82% dengankatagori baik, dan mengalami peningkatan pada siklus menjadi 93,47% dengankatagori baik sekali. Kemudian pada aktivitas siswa siklus I mencapai sebesar69,23% dengan katagori baik, lalu mengalami peningkatan sebesar 91,19% dengankatagori baik sekali. Kemudian pada hasil belajar siswa siklus I mencapai 54,83%dalam kategori cukup, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90,32%dengan kategori baik sekali. Selain itu, aktivitas siswa selama proses pembelajaran menunjukkan peningkatan yang konsisten dari siklus ke siklus. Kesimpulan daripenelitian ini bahwa model pembelajaran inkuiri berbantuan Quizizz Paper Modeefektif meningkatkan pencapaian belajar matematika siswa, meningkatkan interaksiaktif antara siswa dan guru. Serta meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cinta Rahmah
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:36
Last Modified: 22 Sep 2025 08:36
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50686

Actions (login required)

View Item
View Item