Selvia Rahmi, 210202099 (2025) Efektivitas Penggunaan Permainan Educandy Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Bahasa Arab ( Studi Eksperimen Di Mtsn 7 Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
skripsi revisi yang baru .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal di MTsN 7 Aceh Besar, diketahui bahwa motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab masih tergolong rendah. Padahal, motivasi merupakan aspek penting dan esensial yang sangat mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa. Rendahnya minat siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran bahasa Arab menunjukkan perlunya penyediaan media pembelajaran yang menarik dan sesuai agar dapat meningkatkan partisipasi siswa. Di era digital saat ini, penggunaan media permainan daring (game online) menjadi salah satu alternatif yang efektif karena dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran tersebut adalah Educandy, yang dirancang untuk menjadikan pembelajaran bahasa Arab lebih efektif, menyenangkan, sekaligus memotivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan permainan Educandy dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab serta tanggapan siswa terhadap penggunaannya pada siswa kelas VIII-B di MTsN 7 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One Group Pre-Test Post-Test. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0,00, yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Selain itu, nilai N-Gain skor sebesar 0,44 berada pada kategori sedang. Adapun hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa 85,39% siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan permainan Educandy, sedangkan 14,60% memberikan respon negatif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan Educandy berpengaruh secara positif dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Selvia Rahmi |
| Date Deposited: | 24 Sep 2025 05:00 |
| Last Modified: | 24 Sep 2025 05:00 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50815 |
