Analisis Pengaruh Kemasan, Kualitas, dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Beras Tangse Menurut Perspektif Islam

Zidane Habiburrahman, 200602025 (2025) Analisis Pengaruh Kemasan, Kualitas, dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Beras Tangse Menurut Perspektif Islam. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang ekonomi syariah] Text (membahas tentang ekonomi syariah)
Zidane Habiburrahman, 200602025, FEBI, Ekonomi Syariah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of membahas tentang ekonomi syariah] Text (membahas tentang ekonomi syariah)
Zidane Habiburrahman, 200602025, FEBI, Ekonomi Syariah Cover - Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Beras Tangse merupakan salah satu komoditas unggulan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Aceh karena karakteristiknya yang khas dan kualitasnya yang tinggi. Dalam kondisi persaingan pasar yang semakin kompetitif, faktor-faktor seperti kemasan, kualitas, dan harga menjadi unsur strategis yang berperan penting dalam membentuk daya saing suatu produk. Ketiga aspek ini tidak hanya memengaruhi persepsi konsumen terhadap nilai produk, tetapi juga menjadi penentu utama dalam pengambilan keputusan pembelian, termasuk dalam konteks pembelian beras Tangse. Oleh karena itu, pemahaman terhadap analisis pengaruh kemasan, kualitas, dan harga dalam keputusan konsumen sangat penting, baik dari sudut pandang pemasaran konvensional maupun dalam perspektif nilai-nilai Islam yang mengedepankan keadilan, kebermanfaatan, dan penghindaran dari pemborosan. Penelitian ini bertujuan melihat dan menganalisis pengaruh kemasan, kualitas, dan harga terhadap keputusan pembelian beras Tangse. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup yang disebarkan kepada 100 responden konsumen. Hasil penelitian menunjukkan ketiga variabel (kemasan, kualitas, harga) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. Secara parsial hanya variabel harga yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen, sedangkan kemasan dan kualitas berpengaruh positif namun tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen lebih mempertimbangkan harga ekonomis dalam pembelian beras pokok karena beras tangse cenderung fluktuatif yang menjadi pertimbangan utama konsumen, sementara kemasan dan kualitas berperan sebagai pendukung dan relatif stabil sehingga tidak terlalu mempengaruhi perubahan keputusan konsumen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Produksi > 338.5 Ekonomi Produksi Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Zidane Habiburrahman
Date Deposited: 10 Sep 2025 02:11
Last Modified: 10 Sep 2025 02:11
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50818

Actions (login required)

View Item
View Item