فعالية طريقة Guided Writing لترقية مهارة الكتابة باللغة العربية لدى طلاب الصف الثاني في معهد دار المتعلمين Aceh Singkil

Ahmad Fauzi Repositori, 200202158 (2025) فعالية طريقة Guided Writing لترقية مهارة الكتابة باللغة العربية لدى طلاب الصف الثاني في معهد دار المتعلمين Aceh Singkil. Kilmatuna : Journal of Arabic Education, 6 (1). pp. 1-15. ISSN 2776-8775 (Submitted)

[thumbnail of Membahas Tentang Guided Writing] Text (Membahas Tentang Guided Writing)
Ahmad Fauzi, 200202158, FTK, Submitted.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (999kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan bahwa siswa kelas dua pesantren Darul Muta’allimin mengalami kesulitan dalam menyusun kalimat dan paragraf berbahasa Arab secara benar dan terstruktur. Hal ini disebabkan oleh minimnya latihan menulis yang terarah, pendekatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru dengan dominasi hafalan dan terjemahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode guided writing dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas II dan bagaimana respon mereka terhadap penerapan metode tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one-group pretest-posttest, menggunakan instrumen berupa tes menulis dan angket persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode guided writing efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas dua di Pesantren Darul Muta’allimin. Hal ini terlihat pada hasil kedua tes, di mana nilai yang diperoleh sebelum penerapan metode ini adalah 54,29 dan setelah penerapannya meningkat menjadi 75,24. Selain itu, Hasil angket menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penerapan metode guided writing adalah respon yang sangat baik, sebagaimana terlihat dalam angket di mana hasilnya mencapai 81,1% dan berada pada kategori sangat baik.

Item Type: Article
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Depositing User: Ahmad Fauzi
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:38
Last Modified: 24 Sep 2025 08:38
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50909

Actions (login required)

View Item
View Item