Penggunaan Metode Membaca dengan Media Trivial Pursuit untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca di MTsN 2 Banda Aceh

Munajiyya, 220202110 (2025) Penggunaan Metode Membaca dengan Media Trivial Pursuit untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca di MTsN 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Metode Membaca dengan Media Trivial Pursuit  untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca di MTsN 2 Banda Aceh] Text (Penggunaan Metode Membaca dengan Media Trivial Pursuit untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca di MTsN 2 Banda Aceh)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Penggunaan Metode Membaca dengan Media Trivial Pursuit  untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca di MTsN 2 Banda Aceh] Text (Penggunaan Metode Membaca dengan Media Trivial Pursuit untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca di MTsN 2 Banda Aceh)
SKRIPSI MUNAJIYYA FIX (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan thariqah qira’ah dengan media Trivial Pursuit dalam meningkatkan kemampuan fahmul maqru’ siswa kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami teks bahasa Arab. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, jenis kuasi eksperimen dengan desain pre-test post-test non-equivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 25 sampel. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan thariqah qira’ah dengan media Trivial Pursuit terhadap peningkatan kemampuan fahmul maqru’ siswa. Dengan demikian, thariqah yang tepat dan media yang sesuai digunakan dalam pembelajaran dapat berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Munajiyya Munajiyya
Date Deposited: 22 Sep 2025 03:32
Last Modified: 22 Sep 2025 03:32
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51144

Actions (login required)

View Item
View Item