Pengelolaan Program Kesiswaan Dalam Pembinaan Nilai-Nilai Islami Di MTsN 7 Pidie

Nisaul Humaira, 210206116 (2025) Pengelolaan Program Kesiswaan Dalam Pembinaan Nilai-Nilai Islami Di MTsN 7 Pidie. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan keguruan.

[thumbnail of Pengelolaan Program Kesiswaan Dalam Pembinaan NilaiNilai Islami] Text (Pengelolaan Program Kesiswaan Dalam Pembinaan NilaiNilai Islami)
SKRIPSI NISAUL HUMAIRA 210206116.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Pengelolaan Program Kesiswaan Dalam Pembinaan NilaiNilai Islami] Text (Pengelolaan Program Kesiswaan Dalam Pembinaan NilaiNilai Islami)
civer bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengelolaan program kesiswaan dalam pembinaan nilai-nilai Islami di MTsN 7 Pidie. Masalah utama dalam penelitian ini adalah sejauh mana program-program kesiswaan dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi secara efektif untuk menanamkan serta menguatkan nilai-nilai keislaman pada siswa. Selain itu, penelitian ini juga menggali peran para pihak yang terlibat serta tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan program terhadap pembentukan karakter Islami siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program kesiswaan dalam pembinaan nilai-nilai Islami di madrasah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas Wakil Kepala (Waka) Kesiswaan, guru Bimbingan Konseling (BK), dan siswa. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas (triangulasi), transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan Program Kesiswaan dilakukan secara partisipatif dan terstruktur di awal tahun ajaran dengan melibatkan kepala madrasah, waka kesiswaan, guru, wali kelas, pembina OSIM, pengurus OSIM, serta komite madrasah. Program dirancang untuk membentuk karakter Islami melalui kegiatan seperti tadarus, shalat berjamaah, peringatan hari besar Islam, pesantren kilat, dan lomba-lomba Islami. 2) Pelaksanaan Program Kesiswaan dilaksanakan secara rutin dan melibatkan seluruh komponen madrasah, termasuk siswa melalui OSIM. Siswa dibiasakan dengan perilaku Islami seperti mengucapkan salam, berjabat tangan, berdoa, serta aktif mengikuti kegiatan keagamaan. Peran guru dan OSIM sangat penting dalam mengorganisasi serta membimbing pelaksanaan program. 3) Evaluasi Program Kesiswaan dilakukan secara berkala oleh tim kesiswaan bersama guru BK dan pihak terkait lainnya. Evaluasi mencakup tingkat partisipasi siswa, kedisiplinan, keberhasilan program, serta dampaknya terhadap pembentukan karakter Islami siswa. Hasil evaluasi digunakan sebagai dasar perbaikan program pada tahun ajaran berikutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nisaul Humaira
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:54
Last Modified: 29 Sep 2025 07:54
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51179

Actions (login required)

View Item
View Item