Mudarris, 210202182 (2025) Efektivitas Penerapan Metode Bermain Peran dalam Pengajaran Membaca (Studi Eksperimen di Ma’had Insan Qur’ani). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Skripsi Mudarris (Sudah Revisi).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran membaca (ةعلاطملا), guru hanya menerapkan metode ceramah kepada siswa, sehingga siswa merasa bosan dan tidak mampu memahami materi bacaan secara menyeluruh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode bermain peran (role play) dalam pengajaran membaca di Ma’had Insan Qur’ani serta untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam menggunakan metode bermain peran pada pengajaran membaca di ma’had tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Peneliti mengambil sampel dari kelas II-A yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian berupa dua tes, yaitu pre-test dan post-test dengan metode tes alami, serta analisis data dilakukan dengan analisis statistik non- parametrik yang dibantu dengan program digital SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran membaca. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil Wilcoxon Signed Rank Test yang menjadi indikator pengukuran signifikansi, di mana diperoleh nilai signifikansi (Sig.) sebesar (0,05 <0,000). Proses guru dan siswa dalam menggunakan permainan peran pada pengajaran membaca pemahaman di kelas dua (A) telah memperoleh nilai yang sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran tersebut sesuai dan berhasil, karena indikator keberhasilan tercapai apabila hasilnya mencapai nilai yang sangat baik..
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | MUDARRIS MUDARRIS |
| Date Deposited: | 01 Sep 2025 09:02 |
| Last Modified: | 01 Sep 2025 09:02 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51201 |
