Efektivitas Penerapan Full Day School terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab antara Siswa-Siswi di SDIT Nurul Fikri Aceh

Isra Rezky, 210202188 (2025) Efektivitas Penerapan Full Day School terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab antara Siswa-Siswi di SDIT Nurul Fikri Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Penerapan Full Day School terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab antara Siswa-siswi di SDIT Nurul Fikri Aceh] Text (Efektivitas Penerapan Full Day School terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab antara Siswa-siswi di SDIT Nurul Fikri Aceh)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Efektivitas Penerapan Full Day School terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab antara Siswa-siswi di SDIT Nurul Fikri Aceh] Text (Efektivitas Penerapan Full Day School terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab antara Siswa-siswi di SDIT Nurul Fikri Aceh)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Pengaruh Penerapan Sistem Pembelajaran Full Day School terhadap Prestasi Siswa dan Siswi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Nurul Fikri Aceh”. Peneliti memilih topik ini untuk mengungkap pengaruh penerapan sistem pembelajaran Full Day School terhadap prestasi siswa dan siswi dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode kausal komparatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 (Khalid bin Walid) di SDIT Nurul Fikri Aceh pada tahun ajaran 2024/2025, yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket (kuesioner), dan observasi. Data dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test dan uji Mann-Whitney U dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian melalui uji Mann-Whitney U menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,000 (2-tailed), yang berarti lebih kecil dari 0,05. Hasil angket siswa menunjukkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap kemampuan mereka adalah faktor sikap (Attitude Factors). Sementara itu, hasil angket siswi menunjukkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap kemampuan mereka adalah faktor minat (The Interest Factors). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan siswa dan siswi dalam meraih prestasi pembelajaran bahasa Arab di SDIT Nurul Fikri Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Isra Rezky
Date Deposited: 03 Oct 2025 04:08
Last Modified: 03 Oct 2025 04:08
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51218

Actions (login required)

View Item
View Item