Penerapan Media E-book dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Maharah Qira'ah ( Studi Eksperimen pada SMP IT Az-Zahra Aceh Tengah)

Mayang Serupe, 210202017 (2025) Penerapan Media E-book dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Maharah Qira'ah ( Studi Eksperimen pada SMP IT Az-Zahra Aceh Tengah). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang Penerapan Media E-book dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Maharah Qira'ah] Text (membahas tentang Penerapan Media E-book dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Maharah Qira'ah)
SKRIPSI MAYANG FX WT-cover bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (897kB)
[thumbnail of membahas tentang Penerapan Media E-book dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Maharah Qira'ah] Text (membahas tentang Penerapan Media E-book dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Maharah Qira'ah)
SKRIPSI MAYANG FX WT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di kelas VIII SMP IT Az-Zahra Aceh Tengah yang berjumlah 21 siswi, diketahui bahwa para siswi masih menghadapi kesulitan dalam belajar bahasa Arab, khususnya dalam hal ketelitian membaca teks Arab. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan media pembelajaran yang tersedia, serta penggunaan metode pengajaran yang kurang menarik dan interaktif. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan media E-Book dalam pembelajaran bahasa Arab dengan tujuan mengetahui efektivitas penggunaan E-Book dalam meningkatkan keterampilan membaca dan untuk mengetahui bagaimana respon siswi terhadap media tersebut. Peneliti menggunakan metode Eksperimen dengan jenis One grup pre tes dan post tes, dan menggunakan lembar angket serta pre-tes dan pots-tes sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan E-Book sangat efektif dalam meningkatkan
keterampilan membaca siswi, dan adapun hasil dari uji T (T-test) pada tingkat signifikansi (Sig.2-tailed) kurang dari <,001 yaitu lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Sementara itu, hasil analisis data angket menunjukkan bahwa respons siswi terhadap penggunaan E-Book dalam meningkatkan keterampilan membaca sangat positif, dengan persentase sebesar 95,28%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mayang Serupe
Date Deposited: 01 Sep 2025 03:47
Last Modified: 01 Sep 2025 03:47
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51252

Actions (login required)

View Item
View Item