Pengaruh Sertifikasi Halal, Kualitas Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Parfum Minyeuk Pret Di Kota Banda Aceh

Muhajjir, 190602088 (2025) Pengaruh Sertifikasi Halal, Kualitas Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Parfum Minyeuk Pret Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Sertifikasi Halal, Kualitas Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Parfum Minyeuk Pret Di Kota Banda Aceh] Text (Pengaruh Sertifikasi Halal, Kualitas Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Parfum Minyeuk Pret Di Kota Banda Aceh)
Muhajjir, 190602088, FEBI, ES.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Pengaruh Sertifikasi Halal, Kualitas Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Parfum Minyeuk Pret Di Kota Banda Aceh] Text (Pengaruh Sertifikasi Halal, Kualitas Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Parfum Minyeuk Pret Di Kota Banda Aceh)
Muhajjir, 190602088, FEBI, ES - cover-bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya faktor kehalalan dan kualitas dalam memengaruhi perilaku konsumen Muslim, khususnya di daerah dengan basis budaya religius yang kuat seperti Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sertifikasi halal, kualitas produk, harga, dan brand image terhadap keputusan pembelian produk parfum Minyeuk Pret di Kota Banda Aceh secara simultan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 120 responden yang merupakan konsumen produk Minyeuk Pret. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi halal, kualitas produk, harga, dan brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial. Secara simultan, keempat variabel tersebut juga berpengaruh signifikan dengan nilai R² sebesar 0,918, yang berarti 91,8% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel independen dalam penelitian ini, sedangkan 8,2% dijelaskan oleh faktor lain di luar model. Temuan ini menegaskan bahwa faktor religiusitas, kualitas, keterjangkauan harga, serta citra merek merupakan aspek penting dalam membentuk keputusan konsumen. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa sertifikasi halal bukan hanya sebagai jaminan keagamaan, tetapi juga sebagai instrumen kepercayaan konsumen. Kualitas produk yang konsisten, harga yang kompetitif, serta brand image yang kuat mampu meningkatkan keputusan pembelian produk Minyeuk Pret di Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Halal, Kualitas Produk, Harga, Brand Image, Keputusan Pembelian
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.29 Aspek Muamalat Lainnya
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhajjir Muhajjir
Date Deposited: 01 Sep 2025 02:54
Last Modified: 01 Sep 2025 02:54
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51257

Actions (login required)

View Item
View Item