Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Industri Kreatif pada Kerajinan Kerawang Gayo di Kabupaten Aceh Tengah dari Perspektif Ekonomi Syariah

Sabikul Haily, 210602120 (2025) Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Industri Kreatif pada Kerajinan Kerawang Gayo di Kabupaten Aceh Tengah dari Perspektif Ekonomi Syariah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi  Pasar terhadap Keunggulan Bersaing] Text (Membahas tentang Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing)
cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi  Pasar terhadap Keunggulan Bersaing] Text (Membahas tentang Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing)
Sabikul Haily_Repository.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Industri Kerawang Gayo merupakan representasi budaya lokal yang memiliki nilai ekonomi dan simbol identitas masyarakat Gayo. Meskipun memiliki potensi besar, sektor ini menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan sumber daya manusia, minimnya akses modal, dan ketergantungan pada musim permintaan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing industri kreatif pada kerajinan Kerawang Gayo di Kabupaten Aceh Tengah dalam perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada pelaku usaha Kerawang Gayo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Orientasi kewirausahaan yang meliputi inovasi, keberanian mengambil risiko, dan proaktivitas terbukti mampu mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing. Sementara itu, orientasi pasar yang mencakup pemahaman terhadap kebutuhan pelanggan, informasi pasar, dan orientasi bersaing turut memperkuat posisi usaha dalam menghadapi persaingan. Dari perspektif ekonomi Islam, temuan ini selaras dengan prinsip syariah yang menekankan pentingnya kejujuran, amanah, dan nilai keberkahan dalam aktivitas bisnis. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi usaha UMKM kreatif berbasis budaya lokal yang kompetitif dan sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Kata Kunci : Pengusaha Kerajinan Kerawang Gayo, Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Sabikul Haily
Date Deposited: 01 Sep 2025 04:21
Last Modified: 01 Sep 2025 04:21
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51277

Actions (login required)

View Item
View Item