Tathwir Maddah Kitabah Biwaraqah Amal (LKPD) ‘Ala Asas Thariqah Drill Litarqiyati Qudrah Al-Tullab Ala Maharah Kitabah Bi Ma’hadi Darul Ulum

Hikmah, 231004022 (2025) Tathwir Maddah Kitabah Biwaraqah Amal (LKPD) ‘Ala Asas Thariqah Drill Litarqiyati Qudrah Al-Tullab Ala Maharah Kitabah Bi Ma’hadi Darul Ulum. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengembangan LKPD] Text (Membahas tentang Pengembangan LKPD)
NEWWW TESIS HIKMAH BISMILLAH FIX (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Membahas tentang Pengembangan LKPD] Text (Membahas tentang Pengembangan LKPD)
NEWWW TESIS HIKMAH BISMILLAH FIX (2) - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru bahasa Arab dan hasil observasi di kelas X-1 Ma`had Darul Ulum, terlihat jelas bahwa kemampuan menulis siswa bervariasi. Siswa yang berasal dari pesantren biasanya lebih baik dalam menulis, sedangkan siswa dari luar pesantren cenderung lebih lemah. Mereka menghadapi kesulitan dalam memahami kaidah penulisan, pembentukan kalimat, dan pengembangan ide dalam menulis. Salah satu penyebab utama lemahnya kemampuan menulis adalah kurangnya penguasaan kosakata. Kosakata yang terbatas membuat siswa sulit mengekspresikan ide mereka dan sering melakukan kesalahan tata bahasa. Selain itu, metode pengajaran yang digunakan masih monoton, hanya mengandalkan latihan dari buku tanpa variasi atau latihan menulis kreatif. Akibatnya, siswa sering melakukan kesalahan ketika diminta menulis kalimat atau paragraf. Metodologi penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 129 siswa. Peneliti memilih kelas X-1 dengan 25 siswa secara purposif. Hasil yang dikembangkan dievaluasi dengan nilai sangat baik sebesar 97,4% oleh dua ahli, menunjukkan validitas materi penulisan. Penerapan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis metode drill efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan hasil signifikansi 0,000 yang kurang dari 0,05. Respons siswa terhadap materi penulisan yang dikembangkan menggunakan LKPD berbasis metode drill mendapat penilaian sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hikmah Hikmah
Date Deposited: 01 Sep 2025 05:24
Last Modified: 01 Sep 2025 05:24
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51303

Actions (login required)

View Item
View Item