Penerapan Video Interaktif Melalui Aplikasi Powtoon Untuk Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Berbicara Siswa MIN 4 Aceh Barat

Siti Isra Muda, 210202108 (2025) Penerapan Video Interaktif Melalui Aplikasi Powtoon Untuk Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Berbicara Siswa MIN 4 Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Video Interaktif Melalui Aplikasi Powtoon Untuk Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Berbicara Siswa MIN 4 Aceh Barat] Text (Penerapan Video Interaktif Melalui Aplikasi Powtoon Untuk Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Berbicara Siswa MIN 4 Aceh Barat)
A B SKRIPSI SITI ISRA REVISI SIDANG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Penerapan Video Interaktif Melalui Aplikasi Powtoon Untuk Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Berbicara Siswa MIN 4 Aceh Barat] Text (Penerapan Video Interaktif Melalui Aplikasi Powtoon Untuk Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Berbicara Siswa MIN 4 Aceh Barat)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas guru dan siswa dalam menggunakan video interaktif serta mengukur efektivitas penerapan video interaktif melalui aplikasi Powtoon dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswa kelas V MIN 4 ACEH BARAT. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest pada satu kelompok. Alat penelitian berupa observasi aktivitas guru dan siswa serta tes keterampilan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan berbicara siswa setelah mereka diproses menggunakan video interaktif berbasis Powtoon, di mana nilai rata-rata tes awal naik dari 78,58 menjadi 89,08 pada tes akhir. Uji T untuk sampel ganda mendapatkan nilai signifikansi 0,00 (p < 0,05), yang berarti ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa memperoleh nilai 67,5% dalam kategori baik. Dengan demikian, penggunaan video interaktif melalui aplikasi Powtoon terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Isra
Date Deposited: 01 Sep 2025 08:05
Last Modified: 01 Sep 2025 08:05
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51337

Actions (login required)

View Item
View Item