Penerapan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Kana Wa Akhawatuha Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Kelas Eksperimen Di MTsS Lam Ujong

Puja Intan Nabilah, 210202104 (2025) Penerapan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Kana Wa Akhawatuha Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Kelas Eksperimen Di MTsS Lam Ujong. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Kana Wa Akhawatuha Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Kelas Eksperimen Di MTsS Lam Ujong] Text (Penerapan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Kana Wa Akhawatuha Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Kelas Eksperimen Di MTsS Lam Ujong)
REVISIAN SKRPSI BENAR PUJA INTAN NABILAH (210202104) 2025.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Penerapan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Kana Wa Akhawatuha Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Kelas Eksperimen Di MTsS Lam Ujong] Text (Penerapan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Kana Wa Akhawatuha Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Kelas Eksperimen Di MTsS Lam Ujong)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas penggunaan scrapbook dalam mengajar Kana dan saudara-saudaranya untuk meningkatkan minat siswa dalam studi eksperimental di Sekolah MTsS Lam Ujong. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada tingkat pemahaman siswa yang rendah dalam pengajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penerapan metode scrapbook dalam pembelajaran kana wa akhawatuha dan mengetahui respon siswa dalam penerapan metode scrapbookdalam pembelajaran kana wa akhawtuha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan desain pre- test dan post-test pada satu kelompok. Alat yang digunakan meliputi kuesioner dan tes. Sampel penelitian terdiri dari 18 siswa kelas 3-1. Para peneliti menggunakan pre-test dan post-test sebagai alat penilaian. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan perbedaan, dengan skor pre-test 49,7 dan skor post-test 81,11. Hal ini juga terlihat dari hasil uji (uji ganda sederhana), yang memperoleh nilai 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Persentase respon siswa terhadap penerapan media scrapbook dalam pembelajaran kana wa akhawatuha yang di peroleh dari kuesioner adalah
97,2%, yang berada dalam rentang nilai 81-100%, yaitu kategori sangat baik. Oleh karena itu, metode scrapbook membantu siswa dalam belajar. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penerapan metode scrapbook dapat membantu siswa membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Puja Intan Nabilah
Date Deposited: 01 Sep 2025 08:09
Last Modified: 01 Sep 2025 08:09
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51341

Actions (login required)

View Item
View Item