Efektivitas Metode Kata dengan Media Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa di Ma'had Daruz Zahidin Aceh Besar (Penelitian Eksperimen)

Desi Khairunnidaq, 231004017 (2025) Efektivitas Metode Kata dengan Media Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa di Ma'had Daruz Zahidin Aceh Besar (Penelitian Eksperimen). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Metode Kata dan Media Word Wall] Text (Metode Kata dan Media Word Wall)
desi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Metode Kata dan Media Word Wall] Text (Metode Kata dan Media Word Wall)
desi-1-40.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pentingnya peningkatan kekayaan kosakata bahasa Arab dalam meningkatkan kompetensi bahasa siswa, maka muncul gagasan penelitian ini untuk mengkaji "Efektivitas Metode Kata dengan Media Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa di Ma'had Daruz Zahidin Aceh Besar (Penelitian Eksperimen)". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengajaran kosakata dengan metode kata melalui media Wordwall dalam meningkatkan kekayaan kosakata siswa serta mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran kosakata dengan metode kata melalui Wordwall. Peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test, serta menggunakan angket sebagai alat pendukung. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas satu pada semester genap tahun ajaran ٢٠٢٤/٢٠٢٥ Hasil analisis statistik menggunakan uji T menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan secara statistik antara hasil pre-test dan post-test, yang menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan metode kata dengan media Wordwall dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Hasil angket juga menunjukkan tanggapan yang sangat positif dari siswa; mereka mengungkapkan kesenangan dalam kegiatan interaktif serta kemudahan dalam mengingat dan memahami kosakata melalui media tersebut. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggabungan metode kata dengan media pembelajaran modern seperti Wordwall merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan motivasi siswa dan memperbaiki perolehan kosakata mereka secara menyenangkan dan interaktif. Peneliti merekomendasikan penerapan metode ini secara lebih luas di lembaga-lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab bagi penutur asing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Desi Khairunnidaq
Date Deposited: 03 Sep 2025 09:11
Last Modified: 03 Sep 2025 09:11
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51529

Actions (login required)

View Item
View Item