Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Makanan Halal Dan Haram Di Kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar

Atiqha Amalia Siregar, 210201107 (2025) Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Makanan Halal Dan Haram Di Kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Makanan Halal Dan Haram Di Kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar] Text (Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Makanan Halal Dan Haram Di Kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar)
Atiqha Amalia Siregar, 210201107, FTK, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[thumbnail of Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Makanan Halal Dan Haram Di Kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar] Text (Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Makanan Halal Dan Haram Di Kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang konvensional, tidak bervariasi dan monoton menyebabkan siswa tidak bersemangat dan kurang fokus sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa. Adapun cara yang dapat dilakukan adalah atas permasalahan tersebut adalah menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi makanan halal dan haram. Salah satu media akan meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak terhadap hasil belajar siswa adalah media Wordwall. Wordwall merupakan salah satu media digital yang dapat mendukung pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa mencapai kategori baik dengan persentase ketuntasan 83,21, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 91,42 dengan kategori sangat baik. Selain itu, aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan, di mana aktivitas guru pada siklus I mencapai 86,76% dan meningkat menjadi 92,85% pada siklus II, sedangkan aktivitas siswa dari 80,35% menjadi 90%. Media Wordwall terbukti mampu meningkatkan partisipasi siswa, memotivasi belajar, serta membantu siswa lebih memahami materi makanan halal dan haram dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Dengan demikian, penggunaan media wordwall efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ATIQHA AMALIA SIREGAR
Date Deposited: 16 Sep 2025 07:57
Last Modified: 16 Sep 2025 07:57
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51822

Actions (login required)

View Item
View Item