Pengembangan APE Papan Alur Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Putra Bangsa

Firrizqia Iqlima, 170210023 (2023) Pengembangan APE Papan Alur Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Putra Bangsa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan APE Papan Alur Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Putra Bangsa] Text (Pengembangan APE Papan Alur Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Putra Bangsa)
Firrizqia Iqlima, 170210023, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26MB) | Request a copy
[thumbnail of Pengembangan APE Papan Alur Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Putra Bangsa] Text (Pengembangan APE Papan Alur Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Putra Bangsa)
Firrizqia Iqlima, 170210023, FTK, PIAUD - cover - bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, permasalahan yang ada di TK Putra Bangsa adalah kurangnya media terutama media dalam mengembangkan kemampuan berpikir simbolik anak, media yang ada hanya berupa poster sehingga anak mudah bosan dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah adalah bagaimana pengembangan dan kelayakan APE Papan Alur dalam mengembangkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun. Tujuan penelitian untuk mengembangkan dan melihat kelayakan APE papan alur dalam mengembangkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian yang dipakai ialah Research and Development dengan memakai model ADDIE yang terdiri lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Berdasarkan penilaian validasi materi APE papan alur dari ahli materi, jumlah skor 24 dan nilai rata-rata 3,43 dengan kategori layak. Validasi media mendapat jumlah skor 36 dan nilai rata-rata 3 yang masuk kedalam kategori layak. Kemudian untuk hasil lembar observasi kemampuan berfikir simbolik anak mendapatkan skor dari validator 186, jumlah butir pertanyaan 4, jumlah anak uji coba 17 orang, rata-rata skor skala likert 68, skor ideal yang didapat 258, hasil persentase 73% yang masuk dalam kategori layak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa APE papan alur dapat mengembangkan kecerdasan simbolik anak usia 4-5 tahun dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: APEPapan Alur, Berpikir Simbolik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.2 Pendidikan Dasar tingkat Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Firrizqia Iqlima
Date Deposited: 18 Sep 2025 02:49
Last Modified: 18 Sep 2025 02:49
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51851

Actions (login required)

View Item
View Item