Strategi Dramaturgi dan Ekspresi Religius Karyawan di Perusahaan Bintang Prima Perkasa Aceh Besar

Farabi Arfaryanda, 190305041 (2025) Strategi Dramaturgi dan Ekspresi Religius Karyawan di Perusahaan Bintang Prima Perkasa Aceh Besar. SINTHOP: Media Kajian Pendidikan, Agama, Sosial dan Budaya, 4 (2). pp. 1-23. ISSN 2986-8475 (Submitted)

[thumbnail of Dramaturgi, identitas religius, ekspresi religius, fungsi sosial agama, manajemen kesan.] Text (Dramaturgi, identitas religius, ekspresi religius, fungsi sosial agama, manajemen kesan.)
Farabi Arfaryanda, 190305041, FUF, SA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana karyawan di Perusahaan Bintang Prima Perkasa Aceh Besar mengekspresikan identitas religius mereka di ruang kerja melalui pendekatan dramaturgi. Secara khusus, penelitian ini mengeksplorasi bentuk-bentuk ekspresi religius yang muncul, mendeskripsikan fungsi sosial agama berdasarkan ekspresi tersebut dalam membentuk citra diri dan hubungan profesional karyawan, serta strategi dramaturgi yang digunakan dalam konteks kerja. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara mendalam terhadap sejumlah informan yang dipilih secara purposive, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspresi religius karyawan terwujud dalam bentuk perilaku verbal, simbolik, dan ritual yang dijalankan baik di ruang publik (front stage) maupun ruang privat (back stage). Di panggung depan, ekspresi religius digunakan secara strategis untuk membentuk citra profesional yang religius, memperkuat kepercayaan, dan membangun hubungan sosial yang harmonis dengan kolega dan atasan. Sementara di panggung belakang, religiusitas dijalankan lebih otentik dan personal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa religiusitas di tempat kerja tidak hanya menjadi sarana spiritual, tetapi juga berfungsi sosial dalam membentuk citra diri dan memperkuat solidaritas profesional. Karyawan juga bertindak sebagai agen aktif dalam mereproduksi nilai-nilai religius ke dalam budaya organisasi. tetapi juga instrumen sosial yang membentuk identitas profesional, memperkuat hubungan sosial, dan membangun budaya organisasi yang harmonis. Temuan ini memperluas pemahaman tentang hubungan antara religiusitas dan profesionalisme dalam konteks lokal Aceh, serta menunjukkan bahwa strategi dramaturgi dapat menjadi kerangka analisis yang efektif untuk memahami bagaimana nilai keagamaan direproduksi dan dilembagakan di lingkungan kerja.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Farabi Arfaryanda
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:04
Last Modified: 24 Sep 2025 04:04
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51895

Actions (login required)

View Item
View Item