Penggunaan Kitab At-Tuhfatus Saniyyah untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Materi Tanda-Tanda Rafa‘ (Studi Eksperimen di Dayah Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh)

Mohd. Razieq Albar, 210202040 (2025) Penggunaan Kitab At-Tuhfatus Saniyyah untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Materi Tanda-Tanda Rafa‘ (Studi Eksperimen di Dayah Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang tanda-tanda rafa'] Text (Membahas tentang tanda-tanda rafa')
Mohd Razieq Albar - FTK - PBA - cover sd BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (985kB)
[thumbnail of Membahas tentang tanda-tanda rafa'] Text (Membahas tentang tanda-tanda rafa')
Mohd Razieq Albar - FTK - PBA - Istikhdam Kitab At-Tuhfah As-Saniyyah Litarqiyah Qudrah Ath-Thullab 'Ala 'Alamat Ar-Raf (Dirasah Tajribiyyah Bi-Ma'had Dar Al-'Ulum Al-'Ashri Banda Aceh).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas III (E) di Dayah Modern Darul ‘Ulum, peneliti menemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami tanda-tanda rafa’, khususnya dalam membedakan antara tanda asli dan tanda cabang, yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam i’rab. Hal ini disebabkan oleh metode atau media pembelajaran sebelumnya yang kurang efektif untuk menarik minat siswa atau menjelaskan kaidah secara sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan kitab At-Tuhfatus Saniyyah dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami tanda-tanda rafa’, serta mengetahui respons siswa terhadap penggunaan kitab ini dalam pembelajaran tanda rafa’. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pra-eksperimen (one group pre-test and post-test). Instrumen penelitian terdiri dari tes awal (pre-test), tes akhir (post-test), dan angket. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di Dayah Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh yang berjumlah 186 orang, sedangkan sampel berjumlah 30 siswa kelas III (E) yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kitab At-Tuhfatus Saniyyah efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami tanda-tanda rafa’, dibuktikan dengan hasil uji T-test pada tingkat signifikansi (Sig. (2-tailed) = 0,00) < 0,05, yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Selain itu, respons siswa terhadap penggunaan kitab At-Tuhfatus Saniyyah tergolong positif, dengan persentase 93% yang termasuk kategori “Sangat Baik.”

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohd Razieq Albar
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:55
Last Modified: 23 Sep 2025 03:55
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51931

Actions (login required)

View Item
View Item