Cut Nurul Saputri, 200212061 (2025) Rancang Bangun Media Belajar Alternatif Peserta Didik “Z generation” pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Daarut Tahfizh Al Ikhlas. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
CUT NURUL SAPUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
CUT NURUL SAPUTRI BABI 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
CUT NURUL BAB 1-1-18.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (942kB)
Abstract
Pada zaman dahulu, mungkin media belajar alternatif terbaik untuk belajar adalah buku. Peserta didik yang ingin mencari ilmu harus datang ke banyak perpustakaan hanya untuk mencari satu materi. Era saat ini sangat erat kaitannya dengan anak generasi Z. Perkembangan teknologi canva pada media belajar alternatif peserta didik “Z generation” pada mata pelajaran bahasa inggris mendorong perpaduan teknologi cetak dan teknologi smartphone dalam kegiatan belajar mengajar. Penyajian teknologi canva pada media belajar alternatif peserta didik “Z generation” dapat digunakan untuk melengkapi media pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran serta melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menggunakan media elektronik yang dapat membantu peserta didik mempelajari materi pelajaran secara mandiri dan secara mendalam. Media belajar alternatif ini dapat di gunakan untuk melengkapi bahan ajar yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran serta menerapkan kegiatan pembelajaran yang menggunakan media elektronik di butuhkan bahan ajar yang lain yaitu media belajar berbasis canva yang merupakan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik dalam mempelajari materi pelajaran secara mandiri yang dalam penggunaannya menggunakan media Elektronik. Untuk pengumpulan data menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan perolehan data dari hasil kuesioner pada Madrasah Tsanawiyah Daarut Tahfizh Al Ikhlas. Berdasarkan hasil observasi pada Madrasah Tsanawiyah Daarut Tahfizh Al Ikhlas pada saat proses belajar dan mengajar pada materi English lesson Peneliti menemukan beberapa permasalahan yang terlihat dari peserta didik yaitu: rendahnya minat belajar ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan rendahnya respon peserta didik terhadap materi yang disampaikan guru khususnya pada materi English lesson. Maka peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana jika peneliti Membuat media belajar alternatif Z generation basis canva. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang media belajar alternatif Z generation pada materi english lesson di Madrasah Tsanawiyah Daarut Tahfizh Al Ikhlas menggunakan Canva. Dengan hasil kelayakan 86% ahli materi, 87% ahli media dan 87% respon responden.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
| Depositing User: | Cut Nurul Saputri |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 08:24 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 08:24 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52366 |
