Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Materi Pengukuran dan Ketidakpastian Kelas X di SMAN 1 Meukek

Lia Monica, 140204088 (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Materi Pengukuran dan Ketidakpastian Kelas X di SMAN 1 Meukek. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)]
Preview
Text (Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI))
LIA MONICA UPLOAD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of FORM B DAN FORM D LIA MONICA.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN FORM D LIA MONICA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi ditemukan bahwa rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya karena pembelajaran fisika masih pada penguasaan materi yaitu masih berpusat pada pendidik dan tidak diarahkan pada konsep pemecahan masalah sehingga peserta didik menganggap bahwa fisika adalah pelajaran yang sulit. Maka perlu adanya model pembelajaran yang mendukung kegiatan pembelajaran. Salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan model PBI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model PBI dan respon peserta didik. Desain yang digunakan Quasi Eksperimen yang dipilih secara Purposive Sampling. Sampel kelas eksperimen (X MIA 3) dan kelas kontrol (X MIA 2) yang masing-masing berjumlah 26 peserta didik. Pengumpulan data dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan respon dalam bentuk angket. Berdasarkan data yang diperoleh melalui soal tes yang dianalisis dengan menggunakan Uji-t, hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 5,49 > 1,67 Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model PBI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pengukuran dan ketidakpastian kelas X di SMAN 1 Meukek. Hal ini dapat dilihat dari nilai ratarata posttest peserta didik pada kelas eksperimen 77,34 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol 66,27. Hasil respon peserta didik terhadap penggunaan model PBI dengan kriteria Sangat Setuju (SS) 50,4%, Setuju (S) 36,8%, Tidak Setuju (TS) 7,9% dan Sangat Tidak Setuju (STS) 5,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd 2. Rahmati, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model PBI, Hasil Belajar, Pengukuran dan Ketidakpastian
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Lia Monica
Date Deposited: 22 May 2019 02:34
Last Modified: 22 May 2019 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7992

Actions (login required)

View Item
View Item