Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP

Ariska Azmi, 140205044 (2019) Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran Matematika]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran Matematika)
Ariska Azmi, 140205044, FTK, PMA, 082361012919.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran matematika, karena dengan memahami konsep siswa dapat mengembangkan kemampuannya dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Pendekatan inkuiri terbimbing merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP yang diajarkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing. (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP yang diajarkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP yang diajarkan dengan non inkuiri terbimbing. Rancangan penelitian bersifat quasi eksperimen dengan desain non equivalent control pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mesjid Raya. Sampel diambil secara purposive sampling yaitu kelas VIII1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Dari hasil penelitian diperoleh (1) thitung = 17,68 > ttabel = 1,70 maka pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP, (2) berdasarkan uji-t hipotesis kedua, maka diperoleh thitung = 4,07 > ttabel = 1,67 sehingga kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP yang diajarkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP yang diajarkan dengan non inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Hasan Munir, M.Pd. 2. Budi Azhari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ariska Azmi
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:03
Last Modified: 06 Jan 2020 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10655

Actions (login required)

View Item
View Item