Penerapan Metode Discovery Learning pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VII SMPN 1 Darul Aman Aceh Timur

Maulianti, 260818240 (2017) Penerapan Metode Discovery Learning pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VII SMPN 1 Darul Aman Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang penerapan metode Discovery Learning]
Preview
Text (Membahas Tentang penerapan metode Discovery Learning)
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Banyak siswa kurang tertarik dalam belajar matematika. Hal ini disebabkan kurangnya peranan guru dalam membangkitkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, perlu digunakan suatu metode pembelajaran matematika yang mengarah pada pemahaman dan meningkatkan penalaran siswa, salah satunya adalah metode Discovery Learning. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, respon siswa, aktivitas siswa dan kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan menggunakan metode Discovery Learning yang diterapkan pada materi Lingkaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakkan (Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-U SMP N 1 Darul Aman Aceh Timur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I pertemuan I mendapatkan skor rata-rata 3,77dengan kategori baik. Pada siklus I pertemuan II meningkat dengan skor rata-rata 3,85. Dan pada siklus II juga meningkat dengan skor rata-rata 3,92 dengan kategori masih baik, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran dilihat dari hasil pembelajaran pada siklus I pada kategori bertanya dan menyampaikan pendapat yang persentasenya 9,38% belum memenuhi toleransi, dan meningkat dengan persentase 26,4% pada siklus II dari hasil revisi yang dilakukan oleh guru, (3) Skor rata-rata untuk pengamatan respon siswa juga sangat positif dengan skor rata-rata 3,24 dan (4) ketuntasan hasil belajar siswadilihat dari hasil belajar siklus I pada tes I meningkat sebanyak 8,7% dari perbandingan hasil belajar pada tes ke II dan dari hasil belajar siklus I pada tes ke II meningkat sebanyak 21,74 % dari perbandingan hasil belajar siklus II. Dari tes hasil belajar terakhir juga menunjukkan bahwa 86,69% siswa tuntas, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara klasikal siswa tuntas belajar..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. H. Adnan ISmail, M.Pd 2.Cut Intan Salasiyah, S.Ag. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Matematika, Lingkaran, Metode, Discovery Learning
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: maulianti anti mauli
Date Deposited: 17 Oct 2017 03:12
Last Modified: 17 Oct 2017 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1219

Actions (login required)

View Item
View Item