Analisis Tingkat Pemahaman Relasional Matematika Siswa Kelas VIII MTsS Darul Ulum Banda Aceh

Muzdalifah, 261324621 (2019) Analisis Tingkat Pemahaman Relasional Matematika Siswa Kelas VIII MTsS Darul Ulum Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Tingkat Pemahaman Relasional]
Preview
Text (Analisis Tingkat Pemahaman Relasional)
Muzdalifah, 261324621, FTK,PMA,082364394621. OKE.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemahaman terhadap suatu konsep merupakan hal yang sangat penting yang harus
dimiliki oleh seorang siswa, dikarenakan dalam pelajaran matematika antara satu
konsep dengan konsep yang lainnya saling berhubungan. Jika seorang siswa tidak
bisa menghubungkan antara satu konsep dengan konsep lain, maka dipastikan
akan mengalami kendala dalam mempelajari matematika. Demikian juga jika
siswa mampu mengaitkan antara satu konsep dengan konsep lainnya serta
mengetahui setiap prosedur yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah,
maka siswa tersebut telah memiliki pemahaman relasional. Siswa yang telah
memiliki pemahaman relasional memiliki peluang untuk menyelesaikan soal
dengan cara lain. Kenyataan dilapangan siswa hanya menghafal rumus, ketika
diminta menjelaskan, siswa tidak mengetahui prosedur pekerjaannya. Berdasarkan
latar belakang, yang menjadi tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui
tingkat pemahaman relasional matematika siswa pada materi Bangun Ruang di
kelas VIII MTsS Darul Ulum Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dikelas VIII
MTsS Darul Ulum. Pengambilan data dilakukan dengan meminta siswa
mengerjakan soal individu, setelah dikoreksi maka dilakukan pengelompokkan
berdasarkan tingkat pemahaman relasional. Kemudian peneliti mewawancarai dari
setiap kelompok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif yaitu untuk mengetahui pemahaman relasional siswa terkait
materi bangun ruang. Hasil penelitian dapat disimpulkan setiap siswa memiliki
tingkat pemahaman relasional yang berbeda-beda. Siswa yang memiliki
kemampuan matematika tinggi memiliki tingkat pemahaman relasional tinggi,
siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang memiliki tingkat
pemahaman relasional sedang, dan siswa yang memiliki kemampuan matematika
rendah memiliki tingkat pemahaman relasional rendah, hal ini terlihat dari indikator yang dicapai setiap subjek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Dr.Anwar, M.Pd. 2.Kamarullah, S.Ag, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Pemahaman Relasional, bangun Ruang
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muzdalifah
Date Deposited: 30 Jun 2020 03:08
Last Modified: 30 Jun 2020 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12347

Actions (login required)

View Item
View Item