Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1Darul Makmur

Rizka Wahyuni, 150213081 (2019) Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1Darul Makmur. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1Darul Makmur]
Preview
Text (Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1Darul Makmur)
Rizka Wahyuni, 150213081, FTK, BK, 082273597987.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar merupakan suatu jarak antara prestasi akademik yang diharapkan dengan prestasi akademi yang diperoleh. Penelitian yang berjudul “Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Darul Makmur”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada peserta didik (2) strategi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik (3) hambatan-hambatan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri dari tujuh responden, yaitu: guru bimbingan dan konseling, peserta didik dan wali kelas. Teknik pengumpulan data menggunak observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di SMA Negeri 1 Darul Makmur Nagan Raya menunjukkan bahwa: (1) faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik terdiri dari faktor internal yang meliputi kesehatan, minat, kemampuan dan motivasi diri peserta didik dalam belajar. (2) strategi yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar yaitu melakukan indetifikasi kesulitan belajar, member layanan bimbingan dan konseling dan layanan khusus berupa konseling individual. (3) hambatan-hambatan guru bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar adalah kurangnya sarana dan prasarana, kurang tenaga guru bimbingan dan konseling, kurangnya kepedulian orang tua dan masih ada peserta didik salah mengartikan peran guru bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Munirwan Umar, M.Pd Pembimbing II : Nuzliah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru BK, Kesulitan Belajar
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Rizka Wahyuni Rizka
Date Deposited: 02 Jul 2020 03:04
Last Modified: 02 Jul 2020 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12425

Actions (login required)

View Item
View Item