Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MAN 3 Bireuen

Sayed Imanuddin, 150206017 (2020) Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MAN 3 Bireuen. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MAN 3 Bireuen]
Preview
Text (Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MAN 3 Bireuen)
Sayed Imanuddin, 150206017, FTK, MPI, 085260337196.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Peran kepala sekolah sebagai administrator di dalam lembaga pendidikan sangat berpengaruh terhadap aktifitas dan kemajuan sebuah lembaga pendidikan. Peran yang diemban oleh kepala sekolah merupakan peran yang strategis untuk meningkatkan kinerja bawahannya, hal ini disebabkan oleh wewenang yang dimiliki oleh kepala sekolah. Kepala sekolah sebagai administrator merupakan sebuah peran yang sangat penting untuk meningkatkan kinerja para bawahannya, hal ini disebabkan oleh kegiatan yang ada didalam administrasi itu sendiri diantaranya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pembinaan dan evaluasi. Tujuan dari penelitian skripsi ini yaitu untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan kinerja guru Di MAN 3 Bireuen, untuk mengetahui upaya kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan kinerja guru Di MAN 3 Bireuen dan Untuk mengetahui peluang dan tantangan kepala sekolah sebagai administrator dalam peningkatan kinerja guru MAN 3 Bireuen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian dalam skripsi ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan 2 orang guru. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitin ini menunjukkan bahwa pertama, gaya kepemimpinan kepala sekolah MAN 3 Bireuen menggunakan gaya demokratis, kedua upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja bawahannya yaitu mengaktifkan MGMP, mengikutsertakan guru-guru pelatihan, menciptakan iklim kerja yang kondusif, melakukan bimbingan secara umum, kelompok dan individual, dan kepala sekolah seorang komunikator yang baik. Ketiga, peluang yang dimiliki oleh MAN 3 Bireuen yaitu motivasi guru tinggi, secara umum guru sudah memiliki kompetensi yang memadai, Letak geografis sekolah yang strategis sehingga mudah untuk berkoordinasi dengan pihak terkait apabila dibutuhkan. Sedangkan tantangannya yaitu Kekurangan alat praktek bagi mata pelajaran IPA. Pelatihan yang ada belum mampu mencover semua guru. Kurangnya guru bidang studi, dan masih ada guru honor yang diberi tugas mengajar bukan pada bidang studi keahliannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.Mujiburrahman, M.Ag, Pembimbing II : Dra. Cut Nya Dhin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Administrasi pendidikan, Kinerja guru.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3205 Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sayed Imanuddin Sayed
Date Deposited: 07 Jul 2020 02:06
Last Modified: 07 Jul 2020 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12510

Actions (login required)

View Item
View Item