Inovasi Pelayanan Pencatatan Perkawinan Melalui E-Kartu Nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Syiah Kuala

Nurhayati, 160802051 (2020) Inovasi Pelayanan Pencatatan Perkawinan Melalui E-Kartu Nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Syiah Kuala. Skripsi thesis, Uin Ar-raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Inovasi Pelayanan)
Nurhayati, 160802051, FISIP, IAN, 082366990567.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelayanan pencatatan perkawinan berupa buku nikah, dinilai masih memiliki tingkat keamanan yang rendah, dan berpeluang untuk dimanipulasi. Oleh karena itu pemerintah Indonesia menetapkan sebuah inovasi baru terkait pelayanan pencatatan perkawinan. Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Pasal 21 Ayat 1 20/2019, yaitu pasangan suami istri memperoleh buku pencatatan perkawinan dan kartu perkawinan. Inovasi pencatatan perkawinan ini disebut E-Kartu Nikah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Inovasi E-Kartu Nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Syiah Kuala.Yang sudah menerapkan inovasi E-Kartu Nikah sejak tahun 2019. Adapun metode penelitian yaitu pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, jika ditinjau secara keseluruhan dari 5 indikator inovasi yaitu relative advantage, compability, complexity, variability, observability. Peneliti menyimpulkan bahwa inovasi E-Kartu Nikah memiliki karakteristik inovasi yang baik. Mampu memberikan pelayanan pencatatan perkawinan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pemerintahpun sudah berhasil mengganti pelayanan secara manual dengan inovasi yang berbasis teknologi. Akan tetapi, jika ditinjau dari beberapa aspek masih ada kendala dalam pelaksanaan inovasi tersebut yaitu kurangnya pemahaman sebagian masyarakat mengenai prosedur atau alur pencatatan perkawinan melalui E-Kartu Nikah. Sehingga hal tersebut menjadi kendala bagi proses pembuatan E-Kartu Nikah. Karena pada dasarnya seluruh isi data inovasi E- Kartu Nikah dikelola dicatat dan terhubung dengan Simkah Web yang kemudian juga terintegrasi dengan catatan sipil. Sehingga apabila ada kesalahan ataupun perubahan data maka harus dirubah terlebih dahulu di capil karena data tidak bisa diubah melalui aplikasi SIMKAH WEB. Selain itu, masalah jaringan juga menjadi salah satu kendala dalam pelaksanaan inovasi tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 DR. Samsul Bahri, M.Si, Pembimbing 2 Cut Zamharira, S.IP., M.AP,
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Inovasi, E-Kartu Nikah
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nur Hayati
Date Deposited: 04 Sep 2020 09:31
Last Modified: 04 Sep 2020 09:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13657

Actions (login required)

View Item View Item
TOP