Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ)

Juhlifa, 160205038 (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Berpikir  Kreatif Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ)]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ))
Juhlifa, 160205038, FTK, PMA, 085261881561.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (39MB) | Preview

Abstract

Kemampuan matematis dapat mengubah pola berpikir seseorang menghadapi tantangan dalam permasalahan kontekstual pada kehidupan sehari-hari. Tantangan dan rintangan menuntut perkembangan pola pikir sehingga mampu untuk menyelesaikan masalah secara efisien dan tepat. Diamati dari adversity quotient (AQ) yang memunculkan metode tak lazim pada solusi tak biasa ini mengacu pada kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari adversity quotient (AQ) dalam menyelesaikan masalah pada materi pola bilangan barisan dan deret aritmatika. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 4 siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh yang dikelompokkan menjadi 2 kategori yaitu 2 siswa kategori champer dan 2 siswa kategori climber. Subjek ini dipilih secara acak berdasarkan tes awal. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti dan lembar soal tes kemampuan berpikir kreatif dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes tulis dan wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi waktu dengan cara mengumpulkan data dengan waktu yang berbeda. Kesimpulan dari penelitian ini (1) Dua subjek kemampuan berpikir kreatif kategori sedang memiliki AQ sedang (champer). Satu subjek kemampuan berpikir kreatif kategori sedang memiliki AQ tinggi (climber). Sedangkan satu subjek kemampuan berpikir kreatif kategori tinggi memiliki AQ tinggi (climber). (2) Upaya subjek berpikir kreatif sedang memiliki AQ sedang (champer) adalah memberikan motivasi, menerapkan model pembelajaran yang meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, memberikan soal-soal nonrutin kepada siswa, memberikan tugas terstruktur. Upaya subjek berpikir kreatif sedang memiliki AQ tinggi (climber) adalah menerapkan model pembelajaran yang meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, memberikan soal-soal nonrutin kepada siswa, diberikan pengayaan.Sedangkan upaya subjek berpikir kreatif tinggi memiliki AQ tinggi (climber) adalah dengan memberikan pengayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Hafriani, M.Pd Pembimbing II : Lasmi, S.Si., M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Juhlifa Juhlifa
Date Deposited: 04 Sep 2020 08:35
Last Modified: 04 Sep 2020 08:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13675

Actions (login required)

View Item
View Item