Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa SMA/MA

Nazirah, 150205025 (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa SMA/MA. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa SMA/MA]
Preview
Text (Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa SMA/MA)
Nazirah, 150205025, FTK, PMA, 085361125435.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dimiliki peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika. Namun kenyataannya, hasil TIMSS menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis di Indonesia berdaya saing rendah. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik salah satunya yaitu model Problem Based Learning. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dirancang guru belum sesuai dengan apa yang diharapkan untuk menuntut peserta didik dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu produk baru yaitu perangkat pembelajaran yang menerapkan model Problem Based Learning yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil analisis penilaian empat validator menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori valid. Sementara itu berdasarkan hasil analisis respon dua orang guru menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini memperoleh rata-rata 4,5, dengan kriteria sangat baik sehingga dikatakan praktis. Dengan demikian perangkat pembelajaran ini termasuk kategori valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, M.Pd. Pembimbing II : Vina Apriliani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Model Problem Based Learning, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nazirah Nazirah
Date Deposited: 09 Sep 2020 02:45
Last Modified: 09 Sep 2020 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13750

Actions (login required)

View Item
View Item