Pengelolaan Program Lintas Minat Dalam Pengembangan Kompetensi Peserta Didik Di SMAN 8 Banda Aceh

Dika Syahrial, 160206035 (2020) Pengelolaan Program Lintas Minat Dalam Pengembangan Kompetensi Peserta Didik Di SMAN 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengelolaan Program Lintas Minat Dalam Pengembangan Kompetensi Peserta Didik Di SMAN 8 Banda Aceh)
Dika Syahrial, 160206035, FTK, MPI, 082281771177.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sekolah dituntut meningkatkan kemahiran pembelajaran, literasi dalam kehidupan. Pemasalahan saat ini kurangnya kompetensi yang dimiliki peserta didik dan berdampak bagi kemampuan akademik peserta didik dengan orientasi penguasaan kelompok mata pelajaran keilmuan di luar pilihan minat. Dengan demikian diperlukan pengelolaan program lintas minat agar pengembangan kompetensi yang dimaksud oleh Permendikbud dapat tercapai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program lintas minat dalam pengembangan kompetensi peserta didik di SMAN 8 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Waka Kurikulum, 6 Guru, dan 2 Peserta Didik dengan teknik pengumpulan data waawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan triangulasi dengan teori Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan program lintas minat ditentukan oleh pihak sekolah baik jurusan IPA maupun IPS dan meliputi penentuan mata pelajaran, penentuan tujuan, penanggung jawaban pelaksanaan, jadwal pelaksanaan, sumber dana dan proses evaluasi. (2) Pelaksanaan program lintas minat dibagi menjadi dua IPA dan IPS. Untuk jurusan IPA terdapat mata pelajaran sosiologi, ekonomi, dan geografi dan jurusan IPS terdapat mata pelajaran kimia, fisika dan biologi. Untuk jurusan IPA dan IPS pelaksanaan program lintas minat dilakukan berdasarkan perencanaan yang tujuannya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik mengembangkan kompetensi kognitif. Pada kemahiran pembelajaran siswa memiliki kemahiran kehidupan fleksibel. (3) Evaluasi program lintas minat dilakukan oleh pihak internal dan eksternal. Dapat disimpulkan bahwa pengelolaan program lintas minat di SMAN 8 Banda Aceh telah mengembangkan kompetensi peserta didik. Dimana siswa telah memiliki kemahiran pembelajaran, literasi, serta kehidupan dan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Lintas Minat, Pengembangan Kompentensi Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dika Dika Syahrial
Date Deposited: 10 Sep 2020 02:38
Last Modified: 10 Sep 2020 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13886

Actions (login required)

View Item View Item
TOP